Monday, October 4, 2010

Media Penyimpanan

Media penyimpanan digunakan untuk menyimpan data atau informasi agar data atau informasi tersebut dapat digunakan kembali

Beberapa contoh media penyimpanan : harddisk,floppy disk,flaskdisk,CD ,zip disk,tape,pc card.

Penyimpanan secara elektronik :

Media penyimpanan data secara elektronik terbuat dari rangkaian komponen elektronik yang berukuran sangat kecil (micro). Proses penyimpanan seperti halnya pada RAM, yaitu berupa pulsa listrik yang tersimpan dalam mikroprosesor. Perbedaannya dengan RAM adalah sifat datanya non volatile yaitu tidak terhapus saat tidak ada aliran listrik.

Perangkat penyimpanan data secara elektronik ini diantarnya adalah memory card atau memory stick yang biasanya dipakai pada perangkat kamera digital, HP, PDA, dan perangkat game seperti PS.


Penyimpanan secara magnetik :


contoh alat yang penyimpanannya dilakukan secara magnetik : Floppy disk,Harddisk,zip disk.

Magnetik disk menggunakan partikel-partikel magnet untuk menyimpan data,perintah dan informasi.Magnetik disk menyimpan data dan perintah dalam jalur track dan sektor.



Penyimpanan secara optik :


Media penyimpanan ini terbuat dari logam,plastik.Media penyimpanan ini biasanya berdiameter 4,75 inci dan tebalnya kurang dari seperduapuluh inci.contoh nya : CD,DVD.

Media penyimpanan ini menyimpan data dengan menggunakan lubang-lubang(indentasi)dan dataran yang ukurannya mikroskopis dilapisan tengah cakram tersebut.Sinar laser berkekuatan tinggi menciptakan lubang-lubang itu.Sinar laser berkekuatan rendah membaca dari cakram itu dengan cara memantulkan sinarnya dari bagian cakram,yang biasanya berwarna emas atau perak.Sinar dipantulkan ini kemudian

No comments:

Post a Comment